Perbedaan Homologi dan Analogi, Berikut Contohnya!

By Hadi S.

5
(81243)

Apa perbedaan homologi dan analogi? Berikan masing-masing contohnya.

Table of Contents

Jawaban

Berikut ini adalah perbedaan dari Homologi dan Analogi :

  • Homologi adalah organ-organ tubuh yang dimana mempunyai fungsi berbeda, tetapi mempunyai dasar yang sama. Karakteristik yang ada pada organisme nenek moyang berubah melalui seleksi alam yang ada pada keturunannya seiring waktu ketika organisme ini berhadapan dengan kondisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, spesies yang berkerabat bisa memiliki karakteristik dengan kesamaan yang mendasar walaupun memiliki fungsi yang berbeda.
  • Analogi adalah organ-organ tubuh yang mempunyai struktur yang berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama.

Analog memiliki persamaan dalam fungsi, namun berasal dari evolusi yang berbeda. Sedangkan Homolog memiliki asal-usul yang sama dan fungsi yang sama. Analog tidak dapat digunakan untuk menyimpulkan hubungan evolusi antara taksa. Sedangkan Homolog digunakan untuk membangun evolusioner dan filogeni taksa.

Contoh dari Homologi adalah Sirip lumba-lumba, sayap burung, kaki kucing dan juga lengan manusia yang dimana dianggap struktur homolog. Sedangkan manusia memiliki tulang seperti humerus, ulna, radius, tulang pergelangan tangan, dan jari-jari, muncul sebagai bentuk yang mirip dengan tulang pada hewan lainnya. Sedangkan contoh dari Analogi adalah sayap kupu-kupu dan sayap kelelawar. Keduanya tidak memiliki kesamaan antara satu dengan yang lain, tetapi melakukan fungsi yang sama yaitu untuk terbang.